Waspada Penyakit Kolera


  Kolera ? Apa itu kolera ? mungkin anda bertanya-tanya apa itu kolera. Dan ada juga mungkin yang pernah mendengan dari berita di media cetak atau media elektronik mengenai wabah penyakit kolera yang menyerang hampir di seluruh negara-negara di benua afrika. Oleh sebab itu saya akan sedikit membahas mengenai penyakit kolera yang memang harus diwaspadai.
   Penjelasan
  Kolera sendiri ialah penyakit infeksi akut yang diakibatkan karena mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri vibrio cholerae. Kolera sendiri menjadi masalah utama kesehatan masyarakat atau penduduk di negara-negara berkembang terutama sekali di afrika, asia selatan bahkan amerika latin.
  Untuk orang-orang yang terkena infeksi kolera ini mereka akan mengalami diare yang berlebih dan juga mengalami dehidrasi sangat hebat yang tentunya mengakibatkan kematian. Infeksi ini akan terjadi apabila menelan bakteri vibrio cholerae yang terlebih dahulu mengkontaminasi makanan ataupun minuman. Dan akan mengalami diare hebat serta dehidrasi setelah menelan bakteri tersebut dalam jangka waktu beberapa jam saja.
   Gejala dan Tanda-Tanda terkena kolera
  Biasanya orang yang terkena kolera akan mengalami diare dimana disertai dengan bintik-bintik putih ( lendir dan sel epitel ) ukurannya sebesar beras. Volume diare yang sangat tinggi. Berikut gejala lain apabila terkena penyakit infeksi kolera :
1. Muntah
2. Denyut nadi cepat
3. Tekanan darah turun
4. Haus
5. Kram Otot
6. Hilangnya elastisitas pada kulit
   Pencegahan Penyakit Infeksi Kolera
1. Menggunakan air yang telah dimasak atau benar-benar bersih.
2. Menghindari memakan makanan atau meminum minuman dari sumber yang tidak kita ketahui asalnya.
3. 

0 Response to "Waspada Penyakit Kolera"

Post a Comment